kikiherdiyanto.blogspot.com
KIKI HERDIYANTO
![]() |
kikiherdiyanto.blogspot.com |
Terus Berinovasi, Tokoku.id Tingkatkan Kualitas Layanan di Masa Depan
TOKOKU.ID.Tbk
JL.DS KARANGWUNI, No. 47 RT. 002 RW. 01,WIDARA WETAN, DUSUN 1, CIREBON, Jawa Barat 16920
JL.DS KARANGWUNI, No. 47 RT. 002 RW. 01,WIDARA WETAN, DUSUN 1, CIREBON, Jawa Barat 16920
PENGANTAR
Puji Tuhan Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa Atas Segala Rahmat, karunia terutama kesempatan yang diberikan-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makal
ah ini secara tuntas, untuk menjadi salah satu syarat menjadi karyawan di PT. Sumber
ah ini secara tuntas, untuk menjadi salah satu syarat menjadi karyawan di PT. Sumber
Alfaria Trijaya Tbk. Semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagai referensi dalam bekerja. Selama proses penulisan makalah ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini.
Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam penulisa makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan. Segala kritikan dan masukan dari semua pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi penulis demi mencapai kesempurnaan makalah ini.
1. LATAR BELAKANG
Tokoku adalah usaha menengah yang diraih dengan asset yang standard tidak melewati seperti kebutuhan primer, sekunder, selebihnya semacam supermarket dan hypermat. Tapi kini pertumbuhan usaha bisnis semakin pesat untuk itu saya ingin mengetahui dan mempelajari system informasi dan memajang barang yang dijual yang berada didalamnya. Dengan melakukan riset setidaknya saya dapat mengamati, melihat mempelajari, memperhatikan, dan mempraktekanya system – system yang ada di toko ku.
2. METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelusuran mendatangi langsung kesuatu toko Alfamart terdekat, metode pengumpulan makalah ini dari karyawan tokoku.id yang ditunjuk, dan websait toko.ku.
BAB II
ISI PEMBAHSAN
1. FUNGSI TOMBOL DI APLIKASI KASIR
Ø Fungsi tombol-tombol POS/Kasir
§ F2 : List plu (melihat data harga)
§ F3 : Calculator
§ F4 : Load data
§ F5 : Repprint (menduplikatkan struk pembelanjaan)
§ F6 : Member (infut barcode kartu member customer)
§ F7 : Return (return barang)
§ F8 : Keluar dari aplikasi pos
§ F9 : Tambah harga
§ F10 : Lap sales (laporan sales)
§ F11 : Clerrek (penutupan penjualan/pemggantian shift)
§
· LANGKAH TRANSAKSI CASH
Pembelanjaan menggunakan uang tunai secara langsung
· LANGKAH TRANSAKSI CARD
Debit
Masuk ke menu card => pilih EDC yang akan digunakan => enter => masukan no kartu => enter => gesekan kartu pada mesin EDC => enter =>masukan jumlah pembayaran => enter +
Kredit
Masuk ke menu card => pilih EDC yang digunakan => enter => masukan no kartu => enter => masukan kartu ke dalam mesin EDC => masukan jumlah pembayaran => enter +
Prepaid
Masuk ke menu SIS => masuk ke menu transaksi => pilih PLN (pembayaran atau pembelian) => masukan NIK dan PIN E-trans => klik masuk => masuk ke menu prepaid => masukan no meter => masukan nominal pembelian token => bayar
· LANGKAH TRANSAKSI VOUCHER
Masuk ke menu voucer => pilih voucer => masukan barkot voucer => masukan nilai voucer => enter +
· LANGKAH TRANSAKSI TO UP ETOL FLAZZ BCA
o Pilih menu Flazz, kemudian pilih menu Top Up.
o Gesek Kartu Paspor BCA pada mesin EDC. Tekan “Enter”.
o Masukkan nilai Top Up. Tekan “Enter”.
o Masukkan PIN Kartu Paspor BCA. Tekan “Enter”.
o Masukkan Kartu Flazz pada mesin EDC.
o Apabila transaksi berhasil, saldo Kartu Flazz akan bertambah, struk akan keluar dan ambil Kartu Flazz.
2. FAKTOR VARIAN PLUS & MINUS
Penyetoran uang yang dilakukan pada saat penutupan shif dan pengecekan uang cash dengan data yang ada dikomputer
3. MENU APLIKASI E-TRANS
1. Pembelian
2. Pembayaran
3. Pemesanan
4. Pendaftaran
5. Top up
6. Kartu aku dan pengecekan e-voucer
7. Pengeriman dokumen/barang
8. Settlement
9. Administrasi
10. Albi 123
11. E-tiket
12. Ambil uang
13. Help
14. Ganti password
15. Keluar
4. MENJELASKAN ISTILAH-ISTILAH YANG ADA DI ALFAMART
- STD : Struk PerDAy
- APC : Aperage Puchase Customer
- SPD : Sales PerDay
- GM : Gross Margine
- NSB : Nilai Selisih Barang
- BKL : Barang Kirim langsung
- NRB : Nota Reture Barang
- LPB : Laporan Penerimaan Barang
1. PROMO TEBUS CUMA Rp. 5000,- dan Rp. 10.000,-
Caranya setiap belanja Rp. 50.000 rupiah, anda berhak mendapatkan tebus murah CumaRp. 5000,- atau Rp. 10.000,- umtuk produk tertentu
Komentar
Posting Komentar